Jumat, 01 Juni 2012

Biologi Sel

LIPIDA
Komposisi lipida pada membrane plasma mudah diketahui karena lipida lebih mudah di ekstrak dengan berbagai pelarut organic, seperti kloroform, eter, atau benzena. Dengan menggunakan kromatrografi dapat diketahui komposisi lipida membran plasma. Lipida yang sering dijumpai adalah: fosfolipida, sfingolipida, glikolipida, dan sterol. Sedangkan kolesterol kolesterol merupakan lipida terbanyak yang ada dalam membrane plasma. Fosfolipida sebagai fosfatidil etimolamin, fosfatidil serin, fosfatidil inositol, fosfatidil cholin (lecithin). Lipida polar seperti fosfatidil kolin dalam cairan yang mengandung air 1-40% berat, berbentuk lamella dan homogen selama suhu tetap yaitu di atas suhu transisi. Molekul-molekul lemak tersebut di atas mempunyai 2 bagian yaitu bagian kutub yang bersifat hidrofilik dan bagian ekor yang bersifat hidrofobik. Berikut lipida yang umum terdapat pada berbagai membrane plasma:
1.      Sel hati
-          Lipida : kolesterol, fosfatidil kolin, fosfatidil etanolamin, fosfatidil serin  sfingomielin.
-          Protein-lipida (perb.berat): 1,0 – 1,4
2.      Sel epitel usus
-          Lipida: Kolesterol, fosfatidil kolin, fosfatidil etanolamin, fosfatidil serin sfingomielin
-          Protein-lipida (perb.berat): 4,6
3.      Eritrosit
-          Lipida: fosfatidil inositol, kolesterol, fosfatidil etanolamin, fosfatidil serin, sfingomielin, fosfatidil kolin.
-          Protein-lipida (perb.berat): 1,6 – 1,8
4.      Mielin
-          Lipida: Kolesterol, serebrosida, fosfatidil etanolamin, fosfatidil kolin.
-          Protein-lipida (perb.berat): 0,25
5.      Bakteri gram positif
-          Lipida: Difosfatidil giserol, fosfatidil gliserol, fosfatidil etanolamin.
-          Protein-lipida (perb.berat): 2,0 -4,0
1). Gerakan Lipida Membran
  Lipida lebih mudah bergerak dalam membrane daripada protein. Gerakannya lateral dan transversal akan tetapi gerakan lateral lebih besar daripada gerakan transversal. Sebuah molekul lipida dapat bergerak ke arah lateral dalam waktu 1-2 detik. Molekul lipida yang mempunyai kontak langsung dengan protein membran, sukar bergerak. Lipida tersebut dinamakan lipida perbatasan. Gerakan lipida dan protein merupakan bukti ketidakstabilan membrane. Hal ini disebabkan adanya lipida yangbersifat jenuh dan tak jenuh.
Jenis molekul lipida tidak tersebar sama rata di dalam belahan lapisan membran plasma. Penyebaran lipida pada membrane eritrositterlihat sebagai berikut.

Lipida pada lapisan dalam (%)
Lipida pada lapisan luar (%)
Total
50
50
Sfingomielin
6
20
Fosfatidil kolin
9
23
Fosfatidil etanolamin
25
6
Fosfatidil serin
10
0
Fosfatidil inositol
0
0




Tidak ada komentar:

Posting Komentar